Bab 4
INDUSTRI LINKAGE
INDUSTRI LINKAGE
A. Menuju Definisi
Linkage
B. Variasi dalam
kompleksitas hubungan
1.
hubungan sebagai rantai
2.
skala keterkaitan
3.
efek pembusukan jarak
4.
spasial asosiasi atau hubungan fungsional
C. Tipologi industri
linkage
1.
materi dan informasi pertukaran
2.
variasi dalam kekuatan dan kompleksitas hubungan
3.
mengukur kekuatan hubungan
A.
Menuju
Definisi Linkage
Model
weberv membuatnya cukup jelas bahwa semua perusahaan memiliki hubungan dengan
istilah lain firms.in weber, bagaimanapun, ini werevery Link sederhana, Link
bahan baku dengan link pabrik dan pasar dengan product.in selesai keterkaitan
industri dunia nyata mungkin atau mungkin tidak dengan pembelian akhir
product.in industri motor perusahaan ini misalnya, output dari banyak
perusahaan masuk ke dalam perakitan tahap industri kendaraan bermotor daripada
pembeli mobil. produk dari perusahaan tersebut kita lucas, tripleks tahun yang
baik atau BRITAX semua link dengan produk ford, Inggris Leyland atau motor generall.
selain dari hubungan yang jelas dan terkenal, namun, perusahaan memiliki jenis
lain dari link yang mungkin aqually penting dan model weber cenderung
mengabaikan. gambar 4.1 menggambarkan jenis hubungan yang dimiliki semua
perusahaan.
untuk
menyederhanakan situasi yang sangat kompleks ara 4.1 mengadopsi sederhana.
sistem
aplikasi
pendekatan sistem
linkage. Serangkaian elemen terlihat dihubungkan dalam berbagai cara untuk unit
produksi (factoory tersebut). beberapa link adalah input, output yang link lain
dan dalam bentuk yang paling sederhana seperti yang kita diperkenalkan dalam bab
2, tetapi beberapa pabrik link lainnya mungkin melibatkan hal-hal seperti
subkontrak keluar pekerjaan tertentu, atau mengambil dalam sub-kontrak
pekerjaan itu sendiri. Ini mungkin memiliki hubungan dengan intstitutions
keuangan atau biometric cmmercial dari siapa itu memperoleh informasi daripada
dewa yang nyata. Layanan lain dapat berupa mesin atau peralatan persediaan,
sedangkan untuk beberapa perusahaan yang merupakan bagian dari manufaktur
pembungkus kelompok kontrol yang kompleks mungkin berlaku dengan hubungan ke
kantor atau administrasi
sehingga hubungan
industrial dapat didefinisikan sebagai semua cantacts operasional, termasuk
aliran bahan dan pertukaran informasi antara elemen fungsional terpisah elemen
system.these manufaktur dapat dianggap sebagai keseluruhan industri, sektor
ekonomi, atau tanaman individu tergantung pada skala di mana seseorang
mempertimbangkan sistem. tidak semua geografer mempertimbangkan penjualan pf
akhir perusahaan produk konsumen seperti t alink dan ada perdebatan yang cukup
untuk apa sebenarnya konsep berarti.
apa yang penting namun
adalah cara di mana beberapa geograpners telah melihat di linkage pendekatan
alternatif terhadap penjelasan industri lokasi bangunan. ini karena berfokus
pada transaksi yang sebenarnya merupakan pertukaran frims dalam kerangka
sistem. dengan demikian menggantikan pendekatan pria ekonomi weber kecerdasan
sebuah dasar penyelidikan. thougth semua perusahaan memiliki hubungan beberapa
lebih penting dalam pilihan lokasional untuk perusahaan lain. geograpers
berusaha untuk menemukan threefore bagaimana hubungan penting dalam pilihan
lokasional perusahaan dan dalam operasi mereka melanjutkan pada lokasi
tertentu. Pertanyaan omportant lain sejauh mana hubungan bertindak sebagai
hambatan terhadap gerakan dibahas dalam bab 10
B.
Variasi dalam kompleksitas hubungan
1.
hubungan sebagai rantai
hubungan yang sangat
dalam kompleksitas mereka dari gerakan sederhana dari sebuah produk tunggal
dari satu tanaman ke yang lain, dengan serangkaian masukan dari sejumlah besar
dari asal berkumpul di satu pabrik. kita bisa membayangkan inkages sebagai
rantai yang mengikat sistem manufaktur bersama-sama. beberapa rantai yang
kompleksitas cosiderable, seperti gambar 4.2 menunjukkan.
suara konsep diagram di
dalam gambar 4.2 dapat diilustrasikan dengan contoh aktual. A, misalnya,
perusahaan mungkin akan mengirimkan semua produk untuk satu gudang atau
pengecer, dalam logam dasar B mungkin pergi ke berbagai pabrik tahap kedua,
industri kendaraan bermotor contoh klasik dari acara situasi di C (sebanyak
17000 pabrik yang berbeda memasok satu pabrik mobil AS dengan bagian-bagian); D
rantai sederhana diilustrasikan dengan urutan: penebangan, sawmill, furniture.
2.
skala keterkaitan
dimensi kedua
kompleksitas adalah skala di mana hubungan yang studied.linkage mungkin e
dipelajari dari skala jalan di mana kontrak kerja sub atau proses tertentu
dalam manucfacture suatu produk dapat e dilakukan di bengkel sebelah skala
industri di mana kita mungkin memikirkan hubungan antara mengatakan unsur-unsur
berbeda dalam industri besi dan stell. kita harus cukup yakin karena tentang
skala di mana kita sedang mempelajari hubungan industrial. penulis awal
hubungan industrial menekankan kedekatan spasial antar perusahaan menghubungi
penjajaran perusahaan mengurangi biaya transportasi pada produk bahan jadi atau
setengah components.such linkage menyediakan ekonomi eksternal ke perusahaan
mereka menyebabkan perkembangan dari perdagangan logam barat midlands misalnya.
tetapi beberapa perusahaan west midlands akan menjual produk mereka ke
perusahaan london.
harus e ini dianggap
sebagai hubungan industrial? diberikan definisi yang diadopsi pada halaman 69,
tampaknya tidak ada alasan logis memaksakan apapun limite spasial pada sudy
linkage. kita dapat membedakan sana untuk, antara hubungan lokal dan hubungan
dengan perusahaan-perusahaan lebih jauh. logacally pada nampaknya perusahaan
akan menggunakan daerah setempat untuk link tertentu (seperti su kontraktor
kerja), sedangkan penjualan produk mereka selesai mungkin nasional. Tetapi
pertanyaan yang deciting hubungan adalah sisa-sisa penting.
3.
efek pembusukan jarak
bagian sebelumnya telah
dipadamkan antara lokal dan nasional hubungan berorientasi banyak, kita dapat
menyimpulkan bahwa ekonomi eksternal lokal tersedia dalam bentuk ofagglomerated
kegiatan terkait. konsep meresap dalam geographyis bahwa pembusukan jarak, efek
bahwa jarak membebankan pada pergerakan fenomena tertentu (misalnya orang untuk
bekerja, pendukung tim sepak bola, masukan ke pabrik), asa jarak jauh dari
titik meningkat, jumlah gerakan ke titik menurun. gesekan jangka jarak
terkadang applief untuk proses tersebut. dalam konteks hubungan industrial kita
dapat memastikan pentingnya ekonomi aglomerasi lokal skala dengan
mempertimbangkan salesand purcahases pola pembusukan untuk industri individu di
daerah tertentu. ara 4.3 misalnya, menunjukkan bagaimana di lanchasire industri
pengecoran besi timur, penjualan coran rekayasa menunjukkan bukti strongs
hubungan dengan daerah setempat. untuk barat midlands penjualan coran mobil,
bagaimanapun, link lokal jauh lebih baik ditandai dan pola pembusukan jarak
kurang jelas. ini menunjukkan hubungan yang relatif lemah lokal di industri
mobil Inggris karena penyebaran relatif di seluruh negeri
4.spatial
asosiasi atau hubungan fungsional?
karena industri yang
ditemukan bersama-sama di kawasan yang sama (mereka secara spasial terkait),
itu tidak berarti menunjukkan bahwa mereka berhubungan secara fungsional. Kolam
Murah atau terampil ketenagakerjaan dapat menarik berbagai sebuah perusahaan
yang meskipun berkerumun di suatu wilayah tertentu putaran kolam tenaga kerja
umum, tidak terkait dirinya. Dalam kasus lain, perusahaan mungkin e tertarik
pada fasilitas umum seperti port atau, pada skala mikro, industri estate. Di
daerah seperti link antara perusahaan costituent mungkin E sangat lemah dan
tidak penting untuk operasi mereka. Jadi hubungan spasial dan fungsional
linkageneed ke E dibedakan.
di tingkat nasional
skala kehadiran asosiasi spasial dan hubungan fungsional dapat diilustrasikan
dengan contoh industri seperti produksi sabun, pembuatan cat, pembuatan mebel,
penggilingan gandum, dan produksi gula dari tebu diimpor. industri seperti
cenderung spasial terkait karena kebutuhan mereka untuk lokasi tidewater.
tetapi hanya dalam satu atau dua kasus penggilingan gandum dan gula, dan cat
dan furnitur bisa mereka dikatakan secara fungsional terkait. industri ritish
tradisional lainnya yang baik secara spasial terkait dan dikaitkan secara
fungsional termasuk pertambangan batu bara dan produksi kokas, pembuatan kapas
dan tekstil finishing, dan produksi dan sepatu kulit.
di beberapa Inggris
industri 'baru' ada korespondensi antara industri linkage dan spasial asosiasi
(seperti pada teknik dan perdagangan logam). Tapi relatif kurangnya keterkaitan
dalam spasial hUbungannya metropolitan ilmu yang didasarkan industri. kita
harus mencatat bahwa hubungan spasial dan memang linkage mungkin timbul dari
keputusan yang dibuat sepanjang D waktu lalu di masa lalu sejarah dan dengan
demikian mencerminkan apa yang nyaman pada saat keputusan dan perhatikan
necessarilly solusi terbaik atau lokasi ke hari. kekuatan industriail inersia
jelas dirasakan dalam konsep hubungan industrial hanya itu dalam analisis
lokasi industri pada umumnya.
C.
Tipologi hubungan industrial
1.
materi dan informasi pertukaran
kita pertama-tama dapat
membedakan antara link yang yang bersifat nyata dan orang-orang yang informasi.
Keterkaitan materi mungkin empat jenis:
a. Link proses dimana
barang bergerak antara perusahaan pada tahapan yang berbeda dari produksi
process.an contoh link tersebut akan bahwa melibatkan pergerakan kaca depan
menghapus dari pabrik manufaktur mereka ke pabrik perakitan mobil
b. link di mana
pekerjaan dilakukan oleh satu perusahaan selama sub-kontrak (jika permintaan
dari wiper tiba-tiba meningkat dan kapasitas produsen biasa itu tidak bisa
memenuhi permintaan itu, pekerjaan mungkin sub-kontrak ke perusahaan tetangga
kami)
c. Link layanan yang
melibatkan penyediaan mesin, peralatan atau bagian pendukung dan maintenace
pabrik dan peralatan sebuah perusahaan
d. Link pemasaran yang
melibatkan pergerakan barang untuk menanam atau perusahaan lain untuk tujuan
pemasaran dan distribusi
non-nyata (informasi)
meliputi keterkaitan hubungan dengan instansi seperti, bank, pialang saham atau
agen asuransi. sama, pertukaran informasi sering dibuat antara perusahaan yang
bergerak dalam berbagai bentuk pertukaran nyata descried di atas. media dimana
kontak tersebut dilakukan sering adalah telepon, meskipun kontak tatap muka
juga umum.
2.
Variasi dalam kekuatan dan kompleksitas hubungan
Kami telah mencatat
bahwa mungkin ada hubungan antara perusahaan tetapi mereka mungkin tidak
penting dalam operasi mereka. Masalah asic adalah memutuskan mana link yang penting
atau esensial untuk lokasi pabrik. Ini dapat disebut hubungan yang kuat. Kami
awalnya bisa membedakan, oleh karena itu, antara (a) minggu dan kuat link dari
lembaga lainnya yang material dan informasi alam, dan (b) relatif sederhana dan
kompleks link, juga dari bahan dan jenis informasi.
Dalam ara. 4.4 beberapa
contoh dunia nyata digunakan untuk mengilustrasikan jenis berbagai linkage.
Dengan demikian, hubungan materi yang lemah dan sederhana ditandai industri
footloose y, mereka tidak dibatasi Link y dari bergerak dalam batas-batas yang
sangat luas. Linkage yang secara individual ut lemah ketika diambil
bersama-sama membentuk serangkaian kompleks interkoneksi yang dicontohkan oleh
industri kendaraan bermotor, di mana sejumlah besar komponen dirakit untuk
membentuk produk jadi. Limks yang sederhana namun sangat kuat membuat gerakan
sulit jika tidak mustahil. kasus di titik menjadi industri berat seperti besi
dan pembuatan baja. Dalam industri lainnya, seperti tekstil asa, hubungan
materi tidak hanya sangat kuat, mereka juga sangat kompleks. hubungan Informasi
juga dapat dibagi seperti di gambar 4.4 dan kami akan kembali ke ini nanti
dalam bab ini.
3.
mengukur kekuatan hubungan
mungkin jenis yang
paling signifikan dari pembagian antara banyak hubungan akan link tersebut yang
benar-benar penting untuk pengoperasian perusahaan di lokasi dan orang-orang
yang tidak penting locationally. salah satu cara untuk mencoba untuk mengukur
importence dari berbagai jenis limkages adalah untuk menetapkan persentase mereka
dari total nilai pembelian yang dilakukan. Pendekatan ini digambarkan pada
tabel 4.1 yang menggambarkan pembelian link dari sebuah perusahaan teknik mesin
london.
dalam kasus di
perusahaan dalam tabel 4.1 kita mungkin mengharapkan pemasok komponen dan sub
kontraktor untuk ditempatkan neary karena bentuk sebagian besar total input
perusahaan
pada tahap ini adalah
penting untuk menambahkan kata peringatan tentang hubungan industrial. Ini
adalah possile bahwa perusahaan menggunakan pemasok lokal, bukan karena mereka
harus, tetapi hanya arena mereka memiliki pengetahuan yang lebih besar dari
ketersediaan reputasi pemasok lokal. Banyak calon pemasok mungkin tersedia pada
jarak sone dari perusahaan. Mereka mungkin lebih murah atau lebih dapat
diandalkan dibandingkan kontak yang ada tetapi mungkin tidak digunakan hanya
karena perusahaan tidak tahu tentang mereka.
4.
mengukur pertukaran informasi
pertukaran informasi
mungkin cukup penting untuk mempengaruhi lokasi, tetapi jauh lebih sedikit
dipelajari dari link materi yang dijelaskan di bagian sebelumnya dari bab ini.
Kontak pribadi dengan produsers lainnya, pelanggan, lembaga keuangan dan
Departemen-departemen pemerintah daerah jelas dapat memiliki dampak locational
jika kehadiran mereka menyebabkan pengiriman barang lebih cepat, lebih mudah,
kontak dengan persyaratan khusus, kemungkinan memegang saham lebih kecil,
pengetahuan yang lebih baik dari kebiasaan atau selera khusus dari penduduk
setempat, saling pengertian melalui kunjungan yang sering dan lebih sedikit
kesalahpahaman. Link tersebut tampaknya lebih mungkin untuk dikembangkan antara
kantor pusat perusahaan manufaktur dibandingkan dengan tanaman produksi aktual,
tapi bagaimana bisa kontak tersebut dipelajari, apalagi dianalisis?
Untuk lokasi kantor
(mungkin markas perusahaan manufaktur) orang ke orang dan kontak telepon telah
dianalisis dengan meminta eksekutif untuk menyimpan catatan pertemuan ali dan
panggilan telepon mereka telah memiliki atau dibuat selama memiliki periode
waktu.
Penelitian seperti ini
telah mos signifikan dikembangkan oleh ahli geografi Swedia yang telah
mengungkapkan bahwa personil tingkat atas di perusahaan-perusahaan datang
menghabiskan lebih dari 40 jam per minggu dalam tatap muka kontak. Hal ini
menunjukkan bahwa waktu tambahan yang akan terlibat dalam bepergian akan
menghalangi desentralisasi fungsi-fungsi tingkat atas dari mereka lokasi-yang
ada sering di pusat kota. Dengan menjaga 'kontak buku harian' dan geografi
'waktu-ruang anggaran' dapat memantau eksekutif 'perilaku ruang-waktu dan
dengan demikian menambah pengetahuan kita tentang pertukaran infornation.
Kesimpulan
# Dasarnya hubungan
industri adalah biaya-mengurangi faktor-faktor dan dengan demikian variasi
spasial mereka secara teoritis dapat diperlakukan dengan cara yang sama seperti
setiap items.If biaya lainnya memang demikian, model weber dirumuskan dengan
setiap sumber input dan masing-masing tujuan output yang membentuk sudut dari
poligon locational (angka yang jauh lebih rumit daripada ara 3.1 pada halaman
47) tampaknya teoritis mungkin. Namun, masalah penggantian segitiga locational
(gambar 3.1 dengan sosok dengan sudut sebanyak ada masukan sumber dan tujuan
output, tampaknya tangguh dalam ekstrem. Juga, banyak komponen memainkan peran
kecil dalam struktur biaya total dan, oleh karena itu, dari significane ada
Locationally kehadiran pola linkage tidak selalu menyimpulkan:.. proses
tertentu untuk memahami bagaimana perusahaan benar-benar pergi tentang
menemukan pabrik-pabrik kita mungkin harus mencari penjelasan perilaku, subjek
kita mulai memeriksa dalam bab berikutnya.
@ Link layanan
informasi: komersial dan keuangan link dll
@ Layanan link yang
melibatkan pemindahan mesin nyata dan peralatan dll
@ Link melibatkan
asupan pekerjaan subkontrak (link masukan)
@ Unit produksi
@ Output Link
@ Kelompok kontrol (di
mana operasi)
@ Link melibatkan
subkontrak keluar kerja
hahahaha, suwun ji :)
BalasHapusmuucih ya ji :D
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus