Rabu, 10 April 2013

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS)


Pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
A.   Pendekatan menurut Disiplin Ilmu
1.     Mono didiplin (Single Discipline Approach)
2.     Interdisiplin/Multidisiplin
3.     Pra Disiplin (SD belum dikenalkan sejarah, ekonomi, geografi, dll. – terpadu).
B.   Pendekatan menurut obyek yang dibahas
1.     Pendekatan kemasyarakatan (Community Based Approach)
2.     Pendekatan Siswa Sentris (Student Center Approach)
3.     Pendekatan Pengalaman (atas dasar pengalaman siswa)
4.     Pendekatan Organisasi Kurikulum
a.     Separated Approach (SMA/MA)
b.     Correlated Approach (SMP/MTs)
c.      Integrated Approach (SD/MI)
5.     Pendekatan menurut Pokok Bahasan
a.     Pendekatan Masalah
b.     Pendekatan Tematik
c.      Pendekatan Topik
d.     Pendekatan Konsep
6.     Pendekatan menurut Urutan Penyajian
a.     Pendekatan progresif
b.     Pendekatan Konsentris
c.      Pendekatan Spiral
d.     Pendekatan Melebar (Expanding Approach)
7.     Pendekatan menurut Pola Belajar
a.     Pendekatan Tujuan  (obyektive approach)
b.     Pendekatan proses (Procces approach)
c.      Pendekatan Programming.


Rumusan Pendidikan Ilmu Sosial
1.     Edgar Wesley (1937): The Social Studies are the Social Sciences simplified for pedagogical purposes (in school).

2.     Soemantri (2001): Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah seleksi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.

3.     Banks (1990): The Social Studies is that part of the elementary and high school  curriculum wich has primary responsibility for helping students to develop the knowledge, skills, attitudes, and values needed to parsicipate in the civic life of their local communities, the nations, and the world.

4.     Nasution (……): IPS adalah suatu program pendidikan yang merupakan suatu keseluruhan yang pada pokoknya mempersoalkan manusia dalam lingkungan alam fisik, maupun dalam lingkungan sosialnya dan yang bahannya diambil dari berbagai ilmu sosial seperti Geografi, Sejarah, Ekonomi, Antropologi, Sosiologi, Ilmu Politik, dan Psikologi.

5.     John Jarolimek (1967): The Social Studies as a part of the elementary school curriculum draw subject matter content from the social sciences, history, philosophy, anthropology and economics. The Social studies have been difined as those portion of the social sciences …… selected for instructional purpose.




Tujuan pengajaran IPS
1.     Understanding:
Anak didik harus memiliki latar belakang pengetahuan yang dibutuhkan dalam menghadapi masalah-masalah sosial. Anak didik membutuhkan pengertian tentang informasi dunia, dan dia siap menyaring segala bentuk informasi yang diterimanya.

2.     Attitudes:
Termasuk moral, cita-cita. Apresiasi dan kepercayaan. Aspek ini membantu siswa bersikap baik dan bertanggungjawab baik di sekolah maupun di luar sekolah.

3.     Skill
a.     Social skill
b.     Study skill dan work habits
c.      Group work skill
d.     Intelectual skill.

Materi IPS
1.     Konsep-konsep dasar dan kumpulan konsep dari ilmu-ilmu sosial.

2.     Topik-topik dari ilmu-ilmu sosial: Demokrasi, Mass Media.

3.     Tema-tema dari berbagai kejadian lingkungan: Bahaya banjir.

4.     Problema-problema: Krisis air minum, kenakalan remaja, narkoba.

5.     Isu kontemporer: Impor Daging Sapi, Harga bawang merah/putih.

6.     General idea: HAM, polusi, urbanisasi.

Konsep-Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial
1.     Interaksi
2.     Saling Ketergantungan (interdependensi)
3.     Kesinambungan dan Perubahan
4.     Keragaman/Persamaan/Perbedaan
5.     Konflik dan Konsensus
6.     Pola (pattern)
7.     Tempat (lokasi)
8.     Kekuasaan (Power)
9.     Nilai Kepercayaan
10.                        Keadilan dan Pemerataan
11.                        Kelangkaan (Scarcity)
12.                        Kekhususan (Specialization)
13.                        Budaya (Culture)
14.                        Nasionalisme.
Sumber: Etin Solihatin dan Raharjo, 2008. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.








Konsep-konsep IPS
(Berasal dari Ilmu-ilmu Sosial)

Konsep Sejarah               Konsep Geografi           Konsep Ekonomi
1.     Tradisi                    1. Lokasi                         1. Produksi
2.     Perubahan               2. Pola ruang                  2. Distribusi
3.     Kontinuitas             3. Jarak                           3. Konsumsi
4.     Konflik                   4. Wilayah                      4. Kelangkaan
5.     Kooperasi               5. Lingkungan                5. Permintaan
6.     Nasionalisme         6. Persebaran                  6. Penawaran
7.     Dll.                         7. Dll.                             7. Dll.


Konsep Sosiologi            Konsep Antropologi     Konsep Ilmu Politik
1.     Masyarakat            1. Budaya                       1. Kekuasaan
2.     Kelas Sosial           2. Tradisi                        2. Otoritas
3.     Konflik Sosial        3. Perubahan                  3. Negara
4.     Sosialisasi              4. Kekerabatan               4. Keadilan
5.     Status                     5. Akulturasi                  5. HAM
6.     Nilai                       6. Adaptasi                    6. Demokrasi
7.     Peran                      7. Ritual                        7. Tanggung Jawab
8.     Dll.                         8. Dll.                            8. Dll.



Serupa tapi Tak sama
A.   Ilmu-Ilmu Sosial (Social Sciences).

B.   Studi Sosial (Social Studies)  atau  Mata Pelajaran IPS.

C.   Pendidikan Disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial (PDIPS).

A.   Ilmu-ilmu Sosial

a.     Program ini dikelola dan dibina oleh fakultas-fakultas keilmuan sosial dan humaniora.
b.     Tujuan program ini adalah untuk menghasilkan ilmuwan sosial (tingkat sarjana, magister, dan doktor) atau praktisi professional seperti: akuntan, jurnalis, notaris, administrasi, dan komunikasi.

B.   Studi Sosial (Social Studies)

a.     Sebagai program pendidikan sosial pada jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah.
b.     Tujuan utama adalah menyiapkan peserta didik sebagai anggota masyarakat dan warganegara yang baik serta memberi  dasar pengetahuan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang di atasnya.
c.      Program pendidikan ini dibina oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI dan satuan di bawahnya.




C.   Pendidikan Disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial (PDIPS)

a.     Merupakan Program untuk mempersiapkan guru mata pelajaran IPS.
b.     Dikelola dan dibina oleh Jurusan Pendidikan IPS di lingkungan FKIP Universitas dan Fakultas Pendidikan IPS di lingkungan IKIP (Universitas yang dahulu IKIP).
c.      Tujuan utama adalah menghasilkan guru IPS dan PKn, yang menguasai konsep-konsep esensial ilmu-ilmu sosial dan materi disiplin ilmu lainnya dan mampu membelajarkan kepada siswa secara bermakna.
d.     Mahasiswa dituntut untuk menguasai tiga kelompok program kurikuler, yakni:
a.     Kelompok mata pelajaran sosial untuk pembelajaran IPS,
b.     Teknologi Pembelajaran IPS, dan
c.      Kurikulum dan Pembelajaran IPS persekolahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar